Pemimpin dan Inovasi


Apa hubungan antara pemimpin dan inovasi? Kenapa pemimpin harus selalu berinovasi? Apakah inovasi yang tiada henti akan membuat kepemimpinan seseorang menjadi lebih baik?


Beberapa pertanyaan di atas adalah sebagian pertanyaan Saya pagi ini setelah membaca berita terbaru tentang DIRUT PT PLN Dahlan Iskan (DI) yang mewacanakan Listrik Gratis untuk pelanggan listrik 450VA (Rakyat Miskin). Belum genap 6 bulan beliau menjabat DIRUT PLN, Perusahaan pelat merah yang belum pernah untung itu, tapi begitu banyak inovasi yang telah beliau gulirkan. (Meski tak semua menganggap baik, tapi apakah semua orang harus kita dengarkan? Tentu TIDAK).

Menurut Saya pemimpin dan inovasi adalah dua hal yang harus selalu beriringan. Artinya, di mana ada pemimpin maka di sana ada inovasi dan gagasan baru. Harus ada rencana perbaikan. Nah, untuk melakukan hal itu, sang pemimpin harus tahu konteks dan situasi dari institusi yang dia pimpin. Hal ini pula yang dilakukan oleh DI pertama kali ketika baru masuk ke PLN (yang notabene bukan orang Teknik) : mempelajari seluk beluk operasi dan cara kerja PT PLN. Sehingga inovasi dan gagasan baru yang muncul tidak ngaco dan selanjutnya realistis, tentu.

Lalu kenapa harus berinovasi? Konon “tak ada hal yang pasti di dunia ini selain perubahan”. Dan inovasi, menurut hemat Saya, adalah sarana untuk menjawab tantangan perubahan. Perkembangan baru terjadi setiap saat, bahkan detik. Tugas seorang pemimpin adalah mengamati perubahan itu dan menyiapkan diri dan institusinya untuk menghadapi perubahan yang akan terjadi. Di sini, kecerdasan melihat masa depan atau VISI adalah kunci utama keberhasilan seorang pemimpin.

Ya, dan tentunya inovasi terus menerus tiada henti pasti akan membawa kebaikan bagi dirinya dan juga institusinya. Lihat saja Apple yang dipimpin Steve Jobs yang sangat inovatif, kini mulai melangkahi hegemoni Microsoft di pasar gadget IT. Tak lain dan tak bukan adalah inovasi dan Visi dari Steve Jobs yang seakan tak pernah henti.

Dan di Indonesia, kita punya Pak Dahlan Iskan dengan inovasi dan Visi-nya untuk memajukan PT PLN.

Semoga semangat Inovasi dan Visi ini akan juga menular ke Pribadi kita masing-masing. Mari BerINOVASI!!!

————————

Meja Kerja,

jeda sebelum mulai ber inovasi kembali… 🙂

5 Komentar

Filed under Catatan Harian, dari kantor, Iseng, Memoar, Mencari Jati Diri, Pelajaran Berharga, Renungan

5 responses to “Pemimpin dan Inovasi

  1. semangat….salam kenal..

    thanks.. di tunggu kunjugan baliknya..

  2. yah benar banget pemimpin dan inovasi harus beriringan, tapi inovasi juga harus difikirkan matang lho, kadang ada inovasi ternyata ruginya banyak 😉
    Nah kalo berfikir sebagai masyarakat awan, wong masyarakat miskin yg blum teraliri listrik aja sangat banyak, koq yg 450 VA sudah mau digratiskan… hehe ini bagian dari pertimbangan seorang pemimpin untuk melakukan inovasi 😉

  3. salam kenal aja…..tulisannya bagus lho

  4. guys kalau mau inovasi? silakan klik http://www.younginnovator.blogspot.com ada Gergaji otomatis Jowo, Inovasi Starter motor Jowo, Inovasi Pengetikan Suara Jowo dlsb.

Silahkan Tinggalkan Komentar...